Pages

 

Sabtu, 28 Juli 2012

TAJIN SOBIH BUBUR KHAS MADURA |BERBURU TA'JIL|

1 komentar

Berbuka puasa tentunya akan terasa nikmat jika kita menikmati hidangan yang manis-manis. Kali ini saya ingin berbuka dengan TAJIN SOBIH.Bubur yang terdiri dari campuran sumsum, mutiara, ketan hitam, jenang grendul ini memang punya penggemar tersendiri. Tambahan santan membuat sensasi manis-manis gurih yang lezat. Kalau kangen menikmatinya yuk mampir Stand Ta'jil di Alun-Alun Bangkalan.

Madura termasuk salah satu kota di Indonesia yang dikenal karena kulinernya. Pulau Garam ini memiliki makanan-makanan tradisional yang khas. Salah satunya adalah TAJIN SOBIH yang menurut saya bubur yang satu ini layak dicoba. Rasanya yang khas dan lezat mungkin hanya ditemukan di Madura.

Untuk dapat menikmati bubur ini saat berbuka nanti saya mengunjungi salah satu Stand Ta'jil Di Depan Pendopo Kabupaten Bangkalan. Penjual bubur ini letaknya berada di bagian selatan lampu merah Pendopo Kabupaten Bangkalan. Saat saya mengunjunginya, ternyata penjual bubur ini belum tampak, penjaga Stand Ta'jil setempat mengatakan bahwa bubur ini baru ada pada sore hari. Akhirnya kurang lebih pukul 15.00 WIB saya pun kembali menyambanginya.

Saya memesan 1 porsi TAJIN SOBIH yang dibungkus dengan daun pisang yang khas . Si ibu dengan cekatan mencampurkan berbagai campuran bubur Madura ini dari panci-panci kecil yang sederhana. Campurannya antara lain adalah bubur sumsum, mutiara dengan warna-warna yang cerah, bubur ketan hitam, dan bulatan-bulatan coklat seperti biji salak (jenang grendul) dengan kuah gula jawa yang kental serta ditambahkan santan diatasnya.

Semua campuran tersebut disajikan di atas daun pisang yang ujungnya disematkan lidi dan difungsikan sebagai piring. Untuk sendoknya juga menggunkan daun pisang yang dilipat 2. Jadi terasa sederhana dan tradisional sekali. Tampilannya yang cantik dan berwarna-warni cukup menggoda

Saat menyantapnya, berbagai rasa bercampur di dalam mulut. Rasa asin gurih dari bubur sumsum bercampur manisnya kuah gula jawa. Belum lagi butiran dari ketan hitam yang legit dan bubur mutiara. Kombinasi rasa yang unik dan khas. Ini adalah kali pertama saya mencoba TAJIN SOBIH.

Ternyata bubur ini cukup mengenyangkan, sehingga dapat menambah energi saya untuk cuci mata di Stand Ta'jil ini. Untuk porsi TAJIN SOBIH saya hanya perlu membayar Rp 5.000,00. Harga yang tidak mahal dibandingkan rasa yang dinikmati dan kepuasan bisa menikmati makanan tradisional..Jika anda berminat saya sarankan untuk datang lebih awal, karena sangat banyak peminat bubur yang satu ini.Jadi jangan sampai anda kehabisan.

SELAMAT BERBURU!!!

http://pulaumadura.com

1 komentar: